Ide Kerajinan dari Bahan Serat Alam dan Teknik / Cara Pembuatannya

Melimpahnya sumber daya alam Indonesia adalah alasan dari munculnya bermacam-macam produk kerajinan di nusantara. Nenek moyang kita dahulu sudah memanfaatkan alam sebagai bahan dasar kerajinan, salah satunya berwujud kerajinan dari bahan serat alam.

Selain bagus dari segi nilai seni, kerajinan yang terbuat dari serat alam ternyata juga tidak kalah dari kerajinan dengan bahan dasar kayu dari segi ketahanan. Oleh karena itu, para pengrajin semakin melirik bahan ini beberapa tahun belakangan.

Bagi kamu yang ingin membuatnya, ide-ide kerajinan berikut ini barangkali dapat membantu kamu dalam membuat kerajinan di rumah dari bahan dasar serat alam.

1. Kerajinan Tas Cantik dari Bahan Serat Alam Eceng Gondok

Banyak orang menganggap eceng gondok yang sering kita jumpai tumbuh di air ini merupakan tanaman perusak lingkungan. Namun, siapa sangka tanaman ini ternyata dapat kita ubah menjadi sebuah kerajinan cantik dan bermanfaat.

Dengan tanaman eceng gondok, kita dapat membuat sebuah tas unik. Caranya juga mudah. Kita hanya perlu kesabaran dalam melakukannya. Ingin tahu lebih lanjut? Baca selengkapnya berikut ini:

Alat dan bahan:

  • Eceng gondok.
  • Gunting.
  • Kuas.
  • Anti jamur.

Setelah bahan-bahan di atas sudah lengkap, maka kamu bisa mulai dengan langkah-langkah berikut:

1. Siapkan eceng gondok yang akan kamu gunakan untuk menganyam. Sebaiknya kamu memiliki eceng gondok yang memiliki panjang minimal sekitar 60 cm.

2. Jemur eceng gondok tersebut di bawah sinar matahari langsung selama 7 – 10 hari hingga benar-benar kering.

3. Jika eceng gondoknya sudah benar-benar kering, kamu bisa mengambilnya. Kemudian potong bagian bawah eceng gondok secara serong menggunakan gunting sehingga menjadi bentuk lancip.

4. Setelah itu, kamu bisa masuk ke proses penganyaman. Anyamlah tas sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan. Bila kamu ingin prosesnya lebih mudah, kamu bisa menggunakan bantuan balok kayu dan sebagainya sebagai pola. Proses penganyaman memerlukan kesabaran dan konsentrasi. Bagi yang sudah ahli, menganyam tas dari eceng gondok memerlukan waktu paling cepat selama 3 jam.

5. Kamu bisa menambahkan cangklong pada tas yang telah kamu buat.

6. Setelah itu, berikan anti jamur ke tas dari eceng gondok kamu menggunakan kuas supaya lebih awet. Diamkan beberapa menit, setelah itu tas dari eceng gondok kamu sudah siap digunakan.

2. Tempat Pensil Dari Pelepah Pisang

Sebagian orang menganggap bahwa pelepah pisang adalah sampah yang tidak berguna. Di tangan orang-orang yang kreatif ‘sampah yang tidak berguna’ ini bisa menjadi sesuatu yang bernilai dan menarik.

Ada berbagai macam kerajinan yang berasal dari pelepah pisang, salah satunya adalah tempat pensil dari pelepah pisang.

Simak alat, bahan, dan cara membuatnya berikut ini:

Alat dan Bahan :

  • Pelepah pisang yang telah kering.
  • Gunting.
  • Kaleng bekas tabungan atau susu.
  • Baskom berisi air.
  • Lem.
  • Manik-manik atau hiasan lainnya.

Kemudian, ikuti langkah-langkah pembuatannya berikut ini:

  1. Siapkan pelepah pisang yang telah kering. Kamu bisa mendapatkannya pada pohon pisang yang masih hidup. Biasanya ada pelepah kering yang menggantung di batangnya. Potong dan ambil beberapa menggunakan gunting.
  2. Kemudian sobek-sobek pelepah pisang tadi supaya menjadi seperti tali. Kira-kira lebarnya 3-4 cm.
  3. Setelah semua pelepah yang siap telah kamu sobek-sobek, maka rendam semuanya di baskom berisi air yang telah kamu siapkan. Tujuan perendaman hanya untuk melemaskan saja. Jangan terlalu lama, sekitar 3-5 menit saja. Setelah itu, tiriskan.
  4. Kumpulkan 3 utas pelepah pisang yang telah lemas, kemudian ikat pada ujungnya. Lakukan juga pada yang lain sehingga masing-masing ikatan terdiri dari 3 utas pelepah pisang.
  5. Kepang masing-masing pelepah yang telah diikat tadi sebagaimana kamu mengepang rambut anak perempuan.
  6. Setelah semuanya terkepang, maka kamu tinggal menempelkannya satu per satu ke kaleng menggunakan lem.
  7. Oleskan lem ke kaleng yang telah kamu siapkan, kemudian lilitkan tali pelepah pisang ke kaleng hingga seluruh permukaan kaleng tertutup dengan pelepah pisang. Kamu bisa berkreasi di sini untuk membuat tampilan yang menarik sesuai selera kamu.
  8. Tambahkan dengan hiasan supaya lebih cantik.
  9. Nah, tempat pensil dari pelepah pisang sudah dapat digunakan.

3. Kerajinan Anyaman Unik Dari Bahan Serat Pandan

Tanaman pandan terdiri dari beberapa jenis. Daunnya ada yang berduri dan ada yang tidak. Biasanya, masyarakan mengenal daun pandan sebagai penyedap rasa dalam masakan.

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata daun pandan juga dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam kerajinan yang unik dan menarik.

Caranya dapat kamu simak berikut ini:

Alat dan Bahan:

  • Daun pandan jenis yang berduri.
  • Pisau.
  • Senar pancing.
  • Kompor dan air untuk merebus.

Langkah-langkah untuk membuat anyaman dapat kamu simak berikut ini:

  1. Cari tanaman pandan dengan jenis daun berduri, lalu potong dan ambil beberapa daun menggunakan pisau.
  2. Lakukan penyesetan daun untuk menghilangkan duri yang ada. Kamu perlu berhati-hati di sini supaya tangan kamu tidak terlukan karena terkena duri.
  3. Ikat semua daun pandan yang telah dibersihkan durinya menjadi satu, kemudian rebus selama sekitar satu jam. Perebusan ini untuk menghilangkan klorofil atau zat hijau daun. Ciri daun yang sudah siap adalah berwarna sedikit kecoklatan.
  4. Angkat daun, kemudian jemur di bawah matahari langsung selama 1 hari supaya benar-benar kering.
  5. Nah, serat pandan sudah siap kamu gunakan untuk membuat berbagai kerajinan seperti tas, dompet, dan sebagainya. Jangan lupa, kalau sudah jadi, oles kerajinan dari daun pandan kamu menggunakan pelitur khusus daun supaya tahan jamur dan lebih awet.

4. Pot Bunga dari Bahan Serat Alam Serabut Kelapa

Kalau kamu penyuka tanaman bunga, kamu bisa membuat pot menggunakan bahan alami seperti sabut kelapa.

Selain murah meriah, ia juga menarik dan unik sehingga menambah nilai estetika tanaman bunga kamu.

Tidak perlu berlama-lama, simak selengkapnya berikut ini:

Alat dan Bahan:

  • Kulit kelapa kering.
  • Pemarut sabut kelapa.
  • Gelas besar dan gelas kecil untuk membuat cetakan.

Langkah-langkah pembuatannya sangat simpel sebagaimana berikut:

  1. Pisahkan sabut kelapa dari cocopeat menggunakan pemarut. Kumpulkan sabut kelapa sebanyak mungkin sesuai dengan kebutuhan.
  2. Setelah sabut kelapa sudah siap, kamu tinggal membuat pot bunga menggunakan gelas besar dan gelas kecil sebagai cetakan. Caranya, padatkan sabut kelapa ke dalam gelas besar bersamaan dengan gelas kecil yang berada di tengahnya.
  3. Setelah itu, sabut kelapa yang telah berbentuk pot bisa kamu keluarkan dari gelas besar. Hati-hati dan pelan-pelan supaya tidak rusak ya.
  4. Nah, pot dari sabut kelapa telah siap untuk digunakan.

Demikianlah beberapa ide kerajinan dari bahan serat alam yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat ya.


Tinggalkan komentar