10 Ikon Negara Asean dengan Penjelasan dan Gambar

Setiap negara memiliki ikon yang menjadi ciri khas masing-masing. Biasanya, lambang yang digunakan berupa pemandangan alam, menara, atau gedung yang diandalkan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang ikon setiap negara yang tergabung dalam ASEAN alias Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

Berikut ini kumpulan ikon negara Asean lengkap :

1. Monas di Negara Indonesia

ikon negara indonesia monas

Negara Indonesia memiliki ikon berupa tugu Monas. Monas adalah singkatan dari Monumen Nasional. Bangunan ini berbentuk tugu yang memiliki mahkota berupa lidah api yang dilapisi dengan lempengan emas. Ia merupakan lambang perjuangan yang penuh semangat dan menyala-nyala.

Monas terletak di ibukota yaitu Jakarta. Ia adalah monumen peringatan yang didirikan dalam rangka mengenang perlawanan dan jasa rakyat Indonesia dalam berjuang merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Monumen Nasional ini dibangun atas perintah Presiden Soekarno sebagai presiden pertama RI. Pembangunannya dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961. Namun, ia mulai dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.

Tugu Monas adalah bangunan yang sangat tinggi dengan ketinggian mencapai 132 meter atau 433 kaki. 

2. Masjid Sultan Omar Ali di Negara Brunei Darussalam

ikon negara brunei darussalam masjid omar ali

Ikon yang dimiliki oleh Negara Brunei adalah berupa Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin. Penamaan yang diberikan untuk masjid ini mengacu kepada nama Sultan Brunei ke-28, yaitu Sultan Omar Ali Saifuddien III. Ia terletak di ibukota Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. 

Masjid ini mendominasi pemandangan kota Bandar Seri Begawan dan menjadi lambang kejayaan serta kemegahan agama Islam yang merupakan agama resmi dan dianut oleh mayoritas penduduknya.

Di Asia Pasifik masjid ini diakui menjadi salah satu masjid yang paling mengagumkan dan menjadi markah serta daya tarik wisata utama di Brunei. Ia merupakan contoh arsitektur Islam modern yang pembangunannya selesai pada tahun 1958.

3. Menara Petronas di Negara Malaysia

ikon negara malaysia menara petronas

Negara Malaysia yang memiliki julukan Negeri Jiran ini memiliki ikon berupa Menara Petronas. Ia merupakan bangunan pencakar langit yang memiliki tinggi 451,9 meter atau 1483 kaki. Gedung ini memiliki jumlah lantai sebanyak 88. Menara kembar ini terletak di Kuala Lumpur, Malaysia. 

Ia memecahkan rekor sebagai gedung tertinggi di dunia dari tahun 1998 sampai 2004. Uniknya, desain interior dari gedung ini sangat merefleksikan budaya Islam yang sangat mengakar erat di Negeri Malaysia. 

Menara Kembar Petronas dibangun menurut rancangan seorang arsitek bernama Caesar Pelli.

4. Ha Long Bay di Negara Vietnam

ikon negara vietnam ha long bay

Ikon negara Vietnam adalah sebuah teluk yang diberi nama Ha Long Bay. Teluk Ha Long dalam bahasa Vietnam “Vịnh Hạ Long” (Hán tự: 泳下龍) memiliki arti “Teluk Naga yang Sedang Turun”.

Ia merupakan sebuah teluk dengan garis pantai sepanjang 120 km dengan luas ±1.500 km² yang berada di sebelah utara Vietnam. Posisi dekat perbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok dalam teluk Tonkin dan dari Hanoi berjarak 170 km jauhnya.

Teluk Ha Long Bay terdiri dari sekitar 1.969 pulau-pulau batu kapur yang sebagiannya memiliki gua-gua besar dan pulau itu menjulang dari laut secara spektakuler. Gua terbesar yang ada di wilayah teluk ini adalah gua Hang Đầu Gổ atau Gua Pasak Kayu.

UNESCO menetapkannya sebagai warisan dunia pada tahun 1994. Setelah itu, pada tahun 2012, New 7 Wonders Foundation menjadikannya sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia.

5. Merlion di Negara Singapura

ikon negara singapura merlion

Saat kita berbicara tentang Singapura, saya yakin bahwa yang terlintas di benak anda adalah sebuah negara yang memiliki tugu berbentuk ikan berkepala singa. Ya, itulah Merlion. 

Merlion merupakan ikon bagi negara Singapura yang dijuluki oleh BJ. Habibie sebagai ‘Little Red Dot’. Merlion atau Singa Laut adalah patung berkepala singa yang memiliki badan seperti ikan. Merlion adalah gabungan dari Mermaid dan Lion alias ikan duyung dan singa.

Fraser Brunner merancang bangunan ini untuk Badan Pariwisata Singapura (STB) pada tahun 1964. Ia memiliki tinggi 8,6 meter dengan berat 70 ton. Seniman Singapura bernama Lim Nang Seng membangun patung ini dari campuran semen.

Merlion di Singapura yang asli terletak di Taman Merlion atau Merlion Park yang berada di mulut Sungai Singapura. Ia memiliki beberapa replika yang terletak diantaranya di Pulau Sentosa dan gunung Faber. 

Patung Merlion digunakan sebagai logo STB sejak 1964 hingga 1997. Pada tanggal 15 September 1972, Perdana Menteri saat itu, Lee Kuan Yew, memimpin peresmian dan upacara pemasangan Merlion di Singapura.

6. Pha That Luang di Negara Laos

ikon negara laos pha tat luang

Laos memiliki ikon negara yang juga berupa candi, namanya adalah Pha That Luang (bahasa Laos: ພຣະທາດຫຼວງ, IPA: [pʰā tʰâːt lwǎːŋ] ‘Candi Besar’). Bangunan ini terletak di pusat kota Vientiane, Laos dan merupakan candi Buddha besar yang berlapis emas. Konon, ia dibangun pada awal abad ketiga.

Karena invasi-invasi asing ke daerah, candi Pha That Luang hingga tahun 1930 mengalami beberapa renovasi. Bagi masyarakat Laos, ia merupakan simbol nasional dan dianggap sebagai monumen nasional yang terpenting.

7. Trump Tower di Negara Filipina

ikon negara filipina trump tower

Ikon bagi Negara Filipina adalah sebuah tower yang disebut dengan Trump Tower Manila atau Trump Tower di Century City. 

Bangunan ini terletak di Makati, Metro Manila, Filipina yang merupakan bangunan perumahan.

Di kaki langit kota Makati, bangunan ini menjadi bangunan tertinggi. Adapun jika dilihat dari Filipina, ia merupakan bangunan tertinggi peringkat ke-2.

8. Angkor Wat di Negara Kamboja

ikon negara kamboja angkor wat

Ikon milik Negara Kamboja adalah sebuah kuil atau candi yang dibangun pada pertengahan abad ke-12 oleh Raja Suryawarman II. Ia dinamakan sebagai Angkor Wat. Letaknya adalah di kota Angkor, Kamboja. Konon, pembangunan kuil ini memakan waktu yang panjang selama 30 tahun. 

Sebenarnya dataran Angkor tempat Angkor Wat berada penuh dengan kuil-kuil lain yang juga tak kalah indahnya. Namun di dataran ini, kuil Angkor Wat adalah yang paling terkenal.

9. Grand Palace di Negara Thailand

ikon negara thailand grand palace

Thailand yang dijuluki sebagai Negeri Gajah Putih ini memiliki ikon berupa Grand Palace. Dalam bahasa Thai ia disebut พระบรมมหาราชวัง, Phra Borom Maha Ratcha Wang.

Grand Palace adalah sebuah kompleks bangunan Istana yang sejak abad ke-18 dan seterusnya telah menjadi kediaman resmi bagi raja-raja Thailand . Letaknya adalah di Bangkok, Thailand.

Raja Rama I membangun istana ini pada tahun 1782, saat ia menyeberang sungai untuk memindahkan ibukota dari Thonburi ke Bangkok.

Seiring berjalannya waktu, bangunan istana Grand Palace telah mengalami beberapa kali pemugaran untuk perluasan dan penambahan bangunan-bangunan baru.

Namun, alih-alih memilih tinggal di Grand Palace, Raja Thailand yang sekarang, Raja Bhumibol Adulyadej memilih untuk tinggal di Istana Chitralada.

10. Shwedagon di Negara Myanmar

ikon negara myanmar shwedagon

Myanmar memiliki ikon negara yang bernama Shwedagon (nama resmi: Shwedagon Zedi Daw). Ia merupakan stupa atau pagoda yang memiliki julukan Pagoda Emas. Dijuluki demikian karena bangunan ini memang dilapisi dengan emas.

Bangunan ini terletak di Yangon, Myanmar dan berdiri setinggi 98 meter (321,5 kaki) berada di bukit Singuttara yang merupakan bagian barat Danau Kandawgyi. Ia sangat mendominasi pemandangan kota Yangon. 

Tongkat Kakusandha, sepotong jubah Kassapa, saringan air Konagamana, dan delapan helai rambut Siddharta Gautama yang merupakan relik Buddha terdahulu tersimpan dalam Pagoda Shwedagon. Oleh karena itu, bagi bangsa Birma ia merupakan Stupa Buddhis yang paling suci.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai ikon negara ASEAN secara lengkap, semoga bermanfaat.


Tinggalkan komentar