Cara Membuat Bunga dari Kulit Jagung Dengan Mudah

Siapa sangka kalau klobot yang seringkali hanya menjadi limbah dapat bermanfaat untuk membuat bunga dari kulit jagung.

Hanya dengan sedikit langkah praktis dan ekonomis, kamu dapat menyulap sampah yang tidak mengenakkan mata menjadi kerajinan cantik untuk hiasan di rumah.

Tertarik untuk membuat tapi belum tahu bagaimana caranya? Tenang, simak langkah-langkahnya berikut ini:

Bahan dan Alat untuk Membuat Bunga dari Kulit Jagung

Beberapa alat dan bahan berikut kamu perlukan untuk membuat prakarya dari kulit jagung. Silakan kamu persiapkan terlebih dahulu supaya bisa langsung praktek.

  • Kulit jagung. Kamu bisa menggunakan kulit dari jagung mentah atau jagung rebus hasil merebus jagung sendiri atau beli di abang-abang yang lewat. Silakan nikmati jagungnya sampai habis, kemudian ambil kulitnya untuk membuat kerajinan, hehe.
  • Kawat berukuran sedang dan halus. Kalau di rumah tidak ada kawat, kamu juga bisa menggunakan tembaga dari bagian dalam kabel bekas. Ambil kabel bekas jika ada di rumah, kupas, lalu ambil tembaganya.
  • Lem dengan daya rekat yang kuat. Bisa menggunakan lem kertas atau lem putih.
  • Gunting. Seperti biasa, gunakan gunting yang memang khusus untuk membuat prakarya.
  • Pewarna. Ini opsional sih. Kalau kamu tidak ingin bunganya memiliki warna alias original dengan warna kulit jagung, bagian ini bisa di-skip.
  • Tang untuk memotong kawat.

Apabila alat dan bahan di atas sudah siap, maka kamu bisa mulai dengan langkah-langkah pembuatannya berikut ini:

Cara Membuat Bunga dari Kulit Jagung Step By Step

Kalau kamu menggunakan kulit jagung yang berasal dari jagung yang sudah direbus, kamu bisa langsung meloncat ke langkah ke-3. Tapi kalau kamu menggunakan kulit jagung dari jagung mentah, kamu bisa mulai dari langkah pertama.

  1. Ambil kulit jagung mentah yang telah kamu siapkan. Pisahkan dan pilih berdasarkan lembarannya. Lembaran yang paling bagus adalah lembaran pertama hingga ketiga.
  2. Rebus kulit jagung tersebut selama kurang lebih 1 jam. Kamu bisa menambahkan warna sesuai selera menggunakan pewarna atau wantex pada langkah ini. Jangan lupa untuk membolak-balikkan kulit jagung saat perebusan supaya warna bisa meresap dan merata.
  3. Setelah kira-kira 1 jam, tiriskan kulit jagung dan angin-anginkan hingga kulit jagung benar-benar kering. Hindari mengeringkan dengan cara menjemur langsung di bawah matahari karena ini bisa membuat kulitnya mudah sobek / pecah.
  4. Setelah kering, setrika kulit itu menggunakan setrika dengan panas yang sedang supaya rapi dan mudah dibentuk.
  5. Buat 5 helai kulit jagung dengan ukuran panjang 6 cm dan lebar 2 cm menggunakan gunting. Buat juga 1 helai kulit jagung dengan panjang 8 cm dan lebar 3 cm.
  6. Gunting salah satu sisi dari kulit jagung yang berukuran 6 x 2 cm membentuk kerucut untuk dijadikan kelopak bunga. Mengenai ukuran keruncingannya, kamu dapat mengukurnya sendiri, yang terpenting adalah terlihat bagus.
  7. Ambil dan potong kawat berukuran sedang menggunakan tang sepanjang 25 cm. Kemudian lengkungkan pada bagian salah satu ujungnya.
  8. Lipat kulit jagung yang berukuran 8 x 3 cm sebanyak tiga lipatan, kemudian gulungkan ke kawat pada bagian yang ujungnya melengkung tadi.
  9. Ambil kawat lain yang berukuran halus untuk mengunci gulungan kulit jagung pada kawat. Lilitkan pada gulungan tadi sehingga tidak lepas dari kawat.
  10. Kamu sudah bisa untuk mulai merangkai satu per satu kulit jagung yang berukuran 6 x 2 sebagai kelopak. Tempelkan ujung yang siku ke gulungan kulit jagung pada kawat. Setelah itu, lilit dengan kawat halus supaya kuat.
  11. Lanjutkan dengan kelopak ke-2 sampai ke-5. Atur jaraknya satu dengan yang lain agar seimbang. Perhatikan juga ujung runcing dari kulit jagung dan usahakan bahwa kelimanya sama panjangnya dari kawat.

Akhir Kata

Nah, sampai di sini, bunga dari kulit jagung sudah selesai. Kamu bisa menambahkan aksesoris lain supaya bunga yang kamu buat bisa menjadi lebih indah.

Cara di atas adalah cara untuk membuat bunga cempaka. Untuk membuat bunga yang lain, langkah-langkahnya sama. Kamu hanya perlu berkreasi dengan kulit jagung yang dipakai sebagai kelopak supaya bentuknya sesuai dengan bentuk kelopak bunga yang kamu inginkan.

Intinya, ketika ada limbah atau barang tidak terpakai di rumah, coba pikirkan cara memanfaatkannya. Selain ramah lingkungan, kita juga bisa menjadikannya sebagai sesuatu yang bermanfaat.

Nah, itulah cara membuat bunga dari kulit jagung yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Jika perlu, jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ya!


Tinggalkan komentar